SARASEHAN BUDAYA-TEATER KOREK (26/10/2010)

Rabu, 27 Oktober 2010 , 03:45:00
 

APRESIASI SENI : Sejumlah grup teater saat mempertontonkan pertunjukan Sarasehan Budaya di Aula Universitas Islam 45 (UNISMA) Kota Bekasi, kemarin. Para seniman berharap ada perhatian Pemerintah Kota Bekasi untuk memajukan seni di Kota Patriot. FIRMANTO/RADAR BEKASI

BEKASI TIMUR – Seorang wanita dengan mengenakan pakaian hitam berbalut selendang, menari di atas panggung yang tidak terlalu besar.

Sedangkan di sudut panggung duduk seorang pria dengan rokok di tangan, menatap tajam si penari. Menikmati setiap gerakan tarian, seolah tidak ingin terlewatkan setiap gerak tari yang dimainkan.

Dentingan suara gitar yang dipadukan dengan alunan suara seruling terus mengiring gerak tarian, pencahayaan lampu warna-warni yang menghiasi panggung, menggambarkan suasana sebuah kafe.

Tiba-tiba seorang wanita datang dengan makian kasar terhadap si pria, yang diketahui sebagai istri dari pria tersebut. Makian kasar terlontar dari mulut mungil wanita itu terhadap si pria. Adu mulut pun tidak dapat terhindari.

Itulah sekilas pementasan teater dengan judul Aku Bukan Lonte, yang diperankan mahasiswa Unisma yang tergabung dalam Teater Korek, pada pembukaan acara Sarasehan Budaya yang diselenggarakan di Aula Kampus Unisma, kemarin.

Acara sarasehan budaya yang dihadiri para teater asal Kota Bekasi dan Jakarta, seperti Komunitasi Hujan, Karpet, dan Alif ini bertujuan untuk mempererat hubungan silaturahmi antara seniman teater di Indonesia.

“Selain sebagai ajang silaturahmi, sarasehan budaya ini juga untuk menyatukan ide untuk menggali budaya yang ada di Kota Bekasi melalui pertunjukan teater,” ujar kreator Teater KHujan Dedies Putra Siregar.

Diungkapkan Dedies, di Kota Bekasi sendiri sangat banyak seniman teater, bahkan kiprahnya hingga ke tingkat Nasional dan Internasional dengan membawa nama harum Kota Bekasi. Tetapi sayangnya hingga saat ini belum ada perhatian lebih dari pemerintah terhadap para pelaku seni teater ini.

“Seni teater sebenarnya tidak kalah dengan seni yang lainnya, karena melalui pertunjukan seni teater kita dapat menyampaikan pesan moral kepada masyarakat,” terangnya kepada Radar Bekasi.

Diungkapkan pria yang sejak tahun 1993 berkecimpung dalam seni teater, teater sebagai sebuah seni pertunjukan yang tidak terlepas dari aspek tanda dan simbol kehidupan manusia.

“Kehidupan manusia yang merupakan bahan penciptaan bagi penulis maupun pekerja seni. Teater lainnya akan membangun karya seni pertunjukan penuh dengan tanda dan simbol-simbol kehidupan. Tanda dan simbol yang sifatnya universal tersebut diyakini sebagai dasar dari komunikasi teater,” jelasnya panjang lebar.

Untuk itu, pria yang akrab disapa Dedi ini berharap agar Pemerintah Kota Bekasi memberikan perhatian kepada para seniman di Kota Bekasi. Yakni dengan cara memberikan fasilitas agar para pelaku seni dapat lebih kreatif mengeksplorasi bakat yang dimilikinya.

“Saat ini Kota Bekasi belum memiliki gedung kesenian yang presentatif, yang dapat dijadikan sebagai pusat kegiatan seni. Bila Pemerintah Kota Bekasi memasilitasi para pekerja seni, saya yakin kesenian di Kota Bekasi akan lebih maju dari saat ini, sehingga Kota Bekasi dapat dijadikan sebagai kota budaya,” pungkasnya. (mif)

Tentang Tan eL Hak

Tiap-tiap pergaulan hidup di muka bumi ini, baik di Asia atau Eropa, baik dulu ataupun sekarang, terdiri oleh klassen atau kasta, yakni kasta tinggi, rendah dan tengah. semua sejarah dari semua bangsa, ialah pertandingan antara kasta rendah dan tinggi, antara yang terhisap dan yang menghisap, antara yang terhimpit dan yang menghimpit.
Pos ini dipublikasikan di asik BELAJAR TEATER. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s