Arung Raung Ruang


Laboratorium Teater Korek

Sekumpulan anak-anak tanggung bermain-main. Mengarung segenap ruang yang terjadi pada tiap detik kejadian. Ruang jadi saksi perkelahian, pencaci-makian, pembunuhan bahkan pemberangusan kata-kata.

Mereka, anak-anak itu, dipaksa untuk tidak berpikir. Dikebiri segala gagasan yang keluar atas nama kebenaran. Ditindih kuasa yang tak berkesudah. Lalu, dibiarkan tergeletak tanpa daya; di sudut ruang yang meraung saban hari.

Kemudian lahir musuh-musuh baru, tak nampak sama sekali. Sebab yang terlihat hanya sejenis kata-kata. Serupa doktrin dan dogma alakadarnya, yang tentu tidak terjangkau oleh akal pikiran anak-anak remaja.

Mereka, musuh-musuh baru itu, berpenampilan layaknya kawan lama. Merangkul pundak yang mulai letih karena intensitas gerak tak terarah. Memeluk tubuh lunglai yang kian hari; kapan pun, bisa saja tertembak mati.

Sampai pada akhirnya; entah jibril atau tuhan, datang menghampiri. Mewujud dalam rupa kata. Mencoba mengelu-dada segenap jiwa yang berlumur dilema. Menyatu pada tiap gerak dan laku.

Walau tak seberapa langkah, arung raung pada ruang itu perlahan membekas tanpa bayang. Harap tentu ada. Agar siapa dan apa pun tak meraung-raung sejadi-jadinya tanpa sebab tak pasti. 

Sebab mereka, anak-anak itu, mulai tercerahkan; oleh matahari pagi yang beranjak dewasa dan senja yang mulai renta, bahwa di setiap sudut ruang terdapat makna yang mesti tuntas dibaca.

“Tuntaskan membaca. Selesaikan dengan makna. Ejawantakahkan dalam kata-kata. Wujudkan pada gerak dan langkah.” Itu yang saban hari didengar oleh anak-anak remaja dari, entahlah, tuhan atau jibril.

Tentang Anak Korek

Organisasi Teater di Kampus Unisma Bekasi
Pos ini dipublikasikan di Aru Elgete, Editorial. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s